Hai semua! Di postingan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi mengenai bagaimana cara mendaftar pekerjaan di kapal pesiar dan dokumen apa saja yang dibutuhkan.
Jadi, saat saya posting artikel ini, saya sedang dalam proses menunggu schedule dari perusahaan, jadi saya belum bekerja di kapal ya.
Awal mula saya ingin bekerja di kapal karena ada teman yang sudah berhasil berangkat kerja ke kapal.Teman saya memberitahu ada agen yang cara daftarnya bisa lewat online. Karena caranya mudah, saya coba-coba mendaftar. Cara daftarnya melalui website agensinya lalu kita bisa mengisi data kita, kemudian cari posisi yang ada dan apply di posisi yang diinginkan.
Setelah kira-kira 1-2 bulan ternyata saya dikirimi email jadwal wawancara dari agen. Saya kaget juga dan sekaligus senang. Walaupun saat itu waktu wawancaranya sudah lewat, tapi saya bisa menghubungi rekrutmennya dan bisa di jadwalkan ulang. Jadi teman-teman harus rajin mengecek email ya, siapa tahu lolos tahap awal.
Singkat cerita, saya lolos tahapan wawancaranya dan dinyatakan diterima bekerja di kapal pesiar. Setelah itu saya mulai membuat dokumen yang diperlukan.
Dokumen yang diperlukan berbeda-beda tergantung perusahaan kapal pesiar yang di apply. Yang pasti adalah kita harus memiliki paspor, bst (basic safety training), buku pelaut, buku vaksin, sertifikat marlin dan medical check up.
Ditahap ini cukup membutuhkan waktu yang lama. Saya termasuk beruntung karena bisa membuat dokumen yang dibutuhkan di kota tempat saya tinggal, hanya medical check up saja yang harus di Jakarta, banyak teman-teman lain yang harus berusaha ekstra karena bolak-balik luar kota untuk membuat dokumen.
Sekian sedikit pengalaman yang bisa saya share, bagaimana saya mendaftar bekerja di kapal dan dokumen yang diperlukan, semoga bermanfaat.
![]() |
Carnival Celebration |
Komentar
Posting Komentar